Biaya Notaris Jual Beli Rumah dan Peranannya

Belum memberi sebuah rumah idaman,  Anda harus tetap memperhitungkan Berapa besarnya biaya yang harus a keluarkan untuk membayar notaris. Pada dasarnya membeli sebuah hunian sendiri menjadi salah satu hal yang sangat menyenangkan. Anda dapat melakukan berbagai macam hal sendiri tanpa harus khawatir akan kerusakan dan sebagainya.

Dengan mempunyai sebuah rumah maka bisa merancang serta merubah tampilan sesuai dengan kebutuhan. Hanya itu saja, rumah juga menjadi salah satu investasi terbaik Karena harganya yang cenderung stabil tidak terpengaruh dengan inflasi.

Peranan Seorang Notaris dalam Jual Beli Rumah

Ketika mendengar kata notaris pastinya akan beranggapan apakah memerlukan biaya besar dalam menggunakan jasa seorang notaris? Selain itu pastinya juga mempertanyakan peranan apa saja yang dilakukan oleh notaris dalam jual beli rumah? Yuk simak penjelasan berikut ini.

  1. Berapa Biaya Menggunakan Jasa Notaris? Mahal atau Tidak?

Ini sudah banyak sekali berbagai macam pameran yang menawarkan hunian baru dengan harga yang cukup menarik. Ini merupakan salah satu kesempatan emas bagi Anda yang saat ini ingin memiliki sebuah hunian untuk pertama kalinya. Selain itu juga untuk mencoba mencari rumah yang sesuai dengan anggaran budget.

Setelah mendapatkan sebuah rumah maka segera bicarakan pihak pengembang perumahan. Berdiskusilah mengenai biaya yang diperlukan hingga proses terima kunci berlangsung. Pada saat itu biasanya akan membawa notaris.

Banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan notaris dalam jual beli rumah sangat mahal. Padahal ini tergantung dari proses yang akan dilakukan. Biasanya notaris tidak mematok harga tertentu karena sudah masuk dalam pembiayaan pembuatan sebuah hunian yang sudah ditetapkan oleh pengembang perumahan.

  1. Bagaimana Rincian Biaya Penggunaan Jasa Notaris?

Apabila Anda membeli sebuah rumah secara mandiri maka bisa menggunakan sistem KPR yang tentunya harus mengetahui Berapa jumlah besar biaya penggunaan jasa notarisnya. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk jasa notaris dalam pembelian KPR kurang lebih 250 ribu sampai dengan 800 ribu.

Biaya pertama yang harus dikeluarkan adalah biaya pengurusan akta pemberian hak tanggung jawab atau disebut juga dengan APHT. Biaya tersebut merupakan sebuah biaya yang menjadi jaminan bahwa peminjaman yang Anda lakukan pada sebuah bank dapat Anda lunasi sesuai ketentuan. Ini harus dibayarkan sebelum kredit akan di-acc oleh bank.

Biaya kedua adalah biaya aparsial atau disebut juga dengan biaya proses penilaian dokumen kredit kepemilikan rumah dan fisik. Pihak bank akan mengeluarkan biaya administrasi juga di mana digunakan untuk pengurusan KPR. Anda bisa mencari beberapa bank yang memberikan promo biaya administrasi dalam membeli sebuah hunian.

  1. Apa Saja Peranan Notaris dalam Jual Beli Hunian?

Pada dasarnya notaris merupakan sebuah profesi yang sudah resmi mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan berbagai macam keperluan hukum khususnya menjadi saksi penandatanganan atas dokumen jual beli rumah maupun tanah. Notaris berbeda dengan PPAT mana tugasnya adalah melaksanakan kegiatan pendaftaran tanah dan membuat akta sebagai salah satu bukti yang dilakukan dalam proses pembuatan hukum tertentu. Antara itu notaris memiliki peranan dalam jual beli rumah untuk membuat sebuah akta yang asli mengenai perbuatan, ketetapan maupun perjanjian yang sudah ditetapkan dalam perundang-undangan. Anda dapat menemukan jasa notaris di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Seiring dengan banyaknya orang yang membutuhkan jasa tersebut maka semakin mudah untuk menemukannya. Supaya hunian yang anda miliki resmi dan legal dengan berbagai kelengkapan dokumen maka wajib hukumnya untuk menggunakan jasa notaris tersebut.